Name : Christina Wahyu Cahyani (PGSD)
1.
Paijo
Berkata
Peraturan : Dampok memberi perintah dengan kalimat “Paijo berkata”,
maka Maba harus melakukan perintah itu. Namun, jika dampok memberi perintah
tanpa menyebutkan kalimat “Paijo berkata”, maka maba tidak boleh melakukan
perintah itu. Games akan semakin seru jika dampok member perintah dengan cepat.
Maba yang salah, maka gugur dan tidak bisa melanjutkan permainan. Dampok juga
bisa memberi perintah yang menjebak, contohnya : Wah, teman-teman luar biasa.
Tepuk tangan untuk kita semua. (Maka secara refleks maba akan bertepuk tangan,
padahal tidak ada kata-kata “Paijo berkata”, sehingga semua maba gugur.)
Debrief : Kita harus mau memperhatikan dan mendengarkan orang
lain. Selain itu, dalam permainan ini juga dibutuhkan konsentrasi. Untuk
mencapai integritas, kita juga harus mau untuk mendengarkan orang lain. Kita
diajak untuk mau menerima masukan/saran sehingga kita menjadi pribadi yang
lebih baik lagi.
2.
Please,
Listen the Song
Tujuan : Koordinator kelompok dapat menemukan anggota
kelompoknya sesuai dengan lagu kelompok.
Alat & Bahan :
Slayer dan lagu kelompok
Peraturan :
a. Bagilah maba dalam beberapa kelompok
b. Setiap kelompok menentukan
koordinator kelompok dan memilih salah satu lagu kelompok. Lagu di setiap
kelompok tidak boleh sama.
c. Tarik koordinator kelompok ke depan
kelas untuk diberi pengarahan (koordinator akan mencari anggota kelompoknya
dengan cara mendengarkan lagu yang dinyanyikan oleh anggota kelompok)
d. Sementara koordinator ditutup
matanya, letak anggota kelompok dipindah.
e. Koordinator kelompok harus mencari
anggota kelompoknya dengan mata tertutup dan kelompoknya harus menyanyikan lagu
kelompok sekeras mungkin.
Debrief : Kita diajak untuk melatih konsentrasi, kekompakan dan
mau untuk mendengarkan. Dalam meningkatkan kualitas diri, kita membutuhkan
orang lain. Dalam berbagai proses kebersamaan, tentu selalu ada hubungan timbal
balik. Sebagai pemimpin tidak saja bisa memimpin, namun harus mau untuk
dipimpin. Selain mau untuk didengarkan, kita juga harus mau untuk mendengarkan.
Kelebihan dalam diri kita dapat melengkapi kekurangan orang lain, sedangkan
kelebihan orang lain dapat melengkapi kekurangan kita. Dari kebersamaan itulah
kita bisa terus-menerus belajar dan meningkatkan kualitas diri kita.
3.
Meraih
Mimpi
Alat & Bahan : Kertas
dan Koran
Peraturan :
a. Bagilah maba menjadi beberapa
kelompok
b. Berikan 1 kertas pada setiap
kelompok. Maba menuliskan mimpinya masing-masing dalam kertas itu.
c. Lemparlah kertas itu sejauh mungkin.
d. Setiap kelompok mendapat 2 koran
e. Kelompok berusaha untuk mengambil
kertas mimpi tadi dengan cara semua anggota kelompok berdiri pada 1 koran.
Debrief : Dalam meraih mimpi ataupun prestasi, kita harus berusaha
semaksimal mungkin. Prestasi tidak akan tercapai jika hanya bantuan dari orang
lain. Meskipun orang lain memberi dukungan, namun jika kita tidak berusaha
sendiri, maka hanya akan sia-sia. Melalui game ini, setiap orang akan berusaha
bersama-sama untuk mencapai mimpinya. Jika satu orang tidak berusaha, maka ia
tidak akan bisa meraih mimpinya. Dalam hal ini, diri sendiri dan orang lain
dapat meraih prestasi bersama. Kitalah yang mengerti diri kita sendiri. Maka,
prestasi itu ada di tangan kita, bukan di tangan orang lain.
0 comments on "Games Dampok (3)"
Post a Comment