Monday, January 28, 2013

Mau bikin paspor cuma sehari ? Gampang…. !

Posted by wahyu cahyani at 10:06 PM

Guys, sekarang aku mau nyeritain tentang pengalaman waktu bikin paspor baru di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas 1 Yogyakarta. Waktu itu tanggal 9 Januari 2013 aku datang ke Kantor Imigrasi. Sebelumnya aku dah searching2 gimana biar gak rempong . Nah, ternyata nih sebenernya bikin paspor itu mudah kok dan gak lama kalo kita tau birokrasinya. Ok, jadi ini niiih rahasianya… J
1.      Mendaftar secara online, bisa online di www.imigrasi.go.id
2.      Siapkan syarat-syaratnya. Waktu aku kemarin sih cuma nyiapin Ijazah, KK, dan KTP. Syarat2 discan lalu di upload saat pendaftaran online.
3.      Datang sesuai hari yang dipilih di pendaftaran online dengan membawa syarat2nya yang asli dan masing-masing syarat sudah di fotocopi dalam kertas A4. Lalu ada syarat surat keterangan (bagi mahasiswa) dari kampus. Nah daripada rempong2 ke kampus ngurus, mending pakai surat pernyataan ijin orang tua aja. Blangkonya bisa didapatkan di Kanim. Cukup membawa materai 6000 dan fotocopy KTP orangtua (bisa ayah atau  ibu, salah satu saja). Dan jangan lupa bawa bolpoin. Bawa print out bukti pendaftaran online.
Kesimpulannya yang dibawa adalah :
a.      Syarat-syarat asli ( KK, KTP, Ijazah/Akte Kelahiran)
b.      Fotocopy masing2 syarat tersebut dalam kertas A4
c.       Bagi mahasiswa bisa pakai surat keterangan kampus atau surat pernyataan ijin dari orang tua. (Blangko ada di Loket saat menyerahkan syarat-syarat). Surat pernyataan ijin dari orang tua ini akan diserahkan saat wawancara.
d.      Materai 6000
e.      Fotocopy KTP orang tua (ayah/ibu)
f.        Print out bukti pendaftaran online
g.      Bolpoin
4.      Datanglah ke Kanim pagi, kira-kira pukul 07.30. Lalu membeli formulir, cover, dan map di lantai bawah, bagian belakang. Jadi agak gak keliatan sih, cz deket sama parkiran mobil belakang.
Formulir          : Free
Cover               : 5000
Map                 : 5000
Setelah itu langsung diisi aja formulirnya. O iya, jangan lupa bawa bolpoin sendiri biar bisa langsung ngisi form.
5.      Masukkkan formulir, syarat2 yang asli beserta fotocopy nya ke dalam map tersebut. Lalu naik lewat depan. Bilang saja pada petugas, sudah mendaftar online, maka Anda dapat langsung menyerahkan berkasnya tanpa perlu mengantri. Nah, saat menyerahkan berkas, sekalian minta Surat Pernyataan Ijin dari Orangtua. Anda akan diberikan bukti untuk mengambil nomor antrian pembayaran.
6.      Kembali pada petugas di depan untuk meminta nomor antrian pembayaran. Selama menunggu antrian pembayaran maka Anda bisa mengisi Surat Pernyataan Ijin dari Orang tua dengan ditempel materai dan dilampiri Fotocopy KTP orang tua. Lalu tanda tangani. Saya agak heran dengan rute dalam pembuatan paspor. Kok mbayar dulu??? Kenapa wawancara malah terakhir ya…. Oke, pembayaran pasporn (48 halaman) sebesar 255.000.
7.      Setelah di loket pembayaran, maka harus antri lagi untuk foto. Nanti nama kita akan dipanggil, tidak perlu mengambil nomor antrian. Nah, kalo foto jidat harus keliatan, gak boleh berponi, telinga juga harus kelihatan.. hohoho
8.      Setelah foto, antri lagi buat wawancara. Nama kita juga akan dipanggil. Nah, saat wawancara kita menyerahkan Surat ijin dari orang tua tadi atau surat keterangan dari kampus. Dalam wawancara, Anda akan ditanya nama lengkap, TTL, dalam membuat paspor mau kemana, tujuannya apa. Seputar itu. Sedikit sharing, saat saya ke sana, saya tidak membawa surat pernyataan ijin orang tua (karena tidak tahu), ataupun surat keterangan dari kampus (krn lagi libur). Nah, akhirnya saya harus melengkapi syarat tersebut keesokan harinya. Padahal jika semua syarat dipenuhi maka dapat selesai selama 1 hari. Jam istirahatnya dari jam 12 sampai jam 1. Saat itu antri pembayaran sangat banyak maka saya harus foto setelah jam 1 siang.
9.      Tara…… akhirnya selesai juga pembuatan paspor baru. Dalam pembuatan paspor lebih baik membuat yang 48 halaman saja, yang 24 halaman masih simpang siur apakah boleh untuk umum atau hanya TKI. Daripada bermasalah lebih baik membuat dalam 48 hal saja.
10.  Pulang dengan membayar parker 1000.
Jadi total pengeluaran yang dihabiskan dalam pembuatan paspor sekitar 10.000 + 255.000 + 1000 = 266.000.
Jika kita tahu birokrasinya maka akan lebih cepat kan… sehingga tidak wasting time di sana.. J

0 comments on "Mau bikin paspor cuma sehari ? Gampang…. !"

Post a Comment

 

keep smile n full spirit ^ Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting